Sabtu, 17 Maret 2018

MENGHITUNG VOLUME DAN LUAS PERMUKAAN BALOK SERTA MENGHITUNG LUAS DAN KELILING LINGKARAN

ASSALAMUALAIKUM WR, WB,


     Hai teman-teman semua, hari ini saya kembali membagikan hasil postest saya di kuliah praktikum, kemarin kami membahas tentang materi CLASS dengan operator OVERLOADING, kami menghitung luas permukaan dan volume balok serta keliling dan luas lingkaran dengan materi di atas serta tambahan FUNGSI di dalamnya ( class ).

    pertama-tama kami memulainya dengan membuat class balok, kemudan kami deklarasikan didalam nya dengan operator overloading merupakan friend dari class balok ini agar nanti ia dapat mengakses data private yang terdapat di class balok, begitupula dengan class lingkaran.

   kemudian kami menentukan variabel-variabel apa saja yang harus di buat untuk nantinya menampung data yang kami inputkan. untuk variabel penghitungan luas permukaan balok dengan volume nya , kami membuat 5 variabel penampung, "p"==>untuk panjang,"l"==>untuk lebar, "t"==>untuk tinggi ,"volume"==> untuk volume dan "lpermukaanb"==>untuk luas permukaan balok . dan untuk penghitungan keliling dan luas lingkaran kami membuat 4 variabel penampung, "r"==>untuk jari-jari lingkaran, "phi=3.14"==> untuk ketetapan phi  ,"kel"==> untuk hasil keliling lingkaran dan "luling"==>untuk luas lingkaran.

berikutnya saya akan membahas langkah proses yang dilakukan oleh komputer ketika program di jalankan, berikut di bawah ini : 


  • proses penghitungan volume dan luas permukaan balok ;


  1. user menginputkan data panjang, lebar, dan tinggi untuk nantinya di simpan ke dalam masing masing variabel penampung yang telah kita buat tadi.
  2. komputer mengakses data yang telah di dapat dan kemudian di proses dengan menggunakan rumus yang telah kita cantumkan pada pemrograman kita ( volume balok = panjang x lebar x tinggi & laus permukaan balok = 2x(panjang x lebar + panjang x tinggi + tinggi x lebar) )
  3. kemudian komputer telah mendapatkan nilai untuk volume dan luas permukaan balok yang telah tersimpan di masing-masing variabel yang nanti siap untuk di tampilkan.
  • proses penghitungan volume dan luas permukaan balok ;
  1. user menginputkan nilai jari-jari lingkaran, untuk kemudian nilai tersebut akan di simpan pada variabel penampungnya.
  2. komputer mengakses data yang telah di dapat dan kemudian di proses dengan menggunakan rumus yang telah kita cantumkan pada pemrograman kita (keliling lingkaran = 2 x phi x r & luas lingkaran  = phi x r x r)
  3. kemudian komputer telah mendapatkan nilai untuk keliling dan luas lingkaran yang telah tersimpan di masing-masing variabel yang nanti siap untuk di tampilkan.
  4. semua nilai yang telah di dapatkan kemudian di tampilkan (volume balok dengan luas permukaan nya serta keliling lingkaran dengan luasnya).













======================================================================
C++ :
======================================================================
#include<iostream>
#include<conio.h>
using namespace std;

class Balok{

friend istream& operator >> (istream&, Balok&);
friend ostream& operator << (ostream&, Balok&);

private:

int p,l,t,volume,lpermukaanb;

public:

int vbalok(int p,int l,int t)
{
return volume=p*l*t;
}

int lpbalok(int p,int l,int t)
{
return lpermukaanb=p*l*2+p*t*2+l*t*2;
}
};

istream& operator >> (istream& ancas, Balok& i)
{
cout<<"masukkan panjang\t\t= ";
ancas>>i.p;
cout<<"masukkan lebar\t\t\t= ";
ancas>>i.l;
cout<<"masukkan tinggi\t\t\t= ";
ancas>>i.t;

return ancas;
}

ostream& operator << (ostream& budi, Balok& j)
{
budi << "volume balok\t\t\t= "<<j.vbalok(j.p,j.l,j.t)<<endl;
budi << "luas permukaan balok\t\t= "<<j.lpbalok(j.p,j.l,j.t);
return budi;
}

class Lingkaran{
friend ostream& operator << (ostream&, Lingkaran&);
friend istream& operator >> (istream&, Lingkaran&);
private:
int r;
float phi=3.14, kel,luling;
public:
float kelling(int r, float phi)
{
return  kel=phi*2*r;
}
float luasling(int r,float phi)
{
return  luling=phi*r*r;
}

};


ostream& operator << (ostream& fufu,Lingkaran& lolo)
{
fufu<<"luas lingkaran adalah\t\t= "<<lolo.luasling(lolo.r,lolo.phi);
fufu<<endl<<"keliling lingkaran adalah\t= "<<lolo.kelling(lolo.r,lolo.phi);

return fufu;
}

istream& operator >> (istream& juju, Lingkaran& huhu)
{
cout<<"masukkan jari-jari\t\t= "; juju>>huhu.r;

return juju;
}

main()
{
cout<<"====================================="<<endl;
cout<<" PROGRAM CLASS ( istream & ostream )"<<endl;
cout<<"====================================="<<endl;
Balok a;
Lingkaran g;
cout<<endl;
cin>>a;
cout<<endl;
cout<<a;
cout<<endl<<endl;
cin>>g;
cout<<endl;
cout<<g;
getch();
}

Tidak ada komentar:

Posting Komentar